Headline News
Home » » Mengapa Suatu Organisasi Bisa Gagal ??

Mengapa Suatu Organisasi Bisa Gagal ??

Posted by Puspa Anggita
Website eRTe.04 , Updated at: 10:02:00

Posted by Puspa Anggita on Tuesday, 26 November 2013

Organisasi adalah suatu wadah sekumpulan orang atau masyarakat yang mempunyai kesamaan baik dalam visi, misi maupun hobi. 
Kalau memang terbentuknya suatu organisasi karena ada kesamaan tersebut diatas, yang jadi pertanyaan adalah kenapa dan apa penyebabnya suatu Organisasi bisa Gagal atau tidak jalan seperti yang diharapkan ??

Organisasi hanyalah suatu Sistem yang diharapkan menghasilkan output yang jelas baik berupa infrastruktur ( bangunan ) ataupun yang bersifat sosial ( jasa, pengabdian , amal dll ), tapi kita harus ingat bahwa anggota suatu organisasi adalah terdiri dari individu-individu yang mungkin mempunyai pandangan yang berbeda tentang bagaimana tujuannya bisa terwujud ,jadi kegagalan bisa saja terjadi.
Dari sedikit uraian diatas maka kegagalan suatu organisasi bisa saja terjadi karena :

  1. Struktur Pengurus Organisasi  : Ini harus jelas dalam arti semua komponen dari mulai Ketua sampai seksi-seksi harus ada dan usahakan dipilih oleh anggota atau dengan ketentuan dan aturan yang ada.Jika Struktur ini sudah terbentuk maka sudah sewajarnya bagi anggota untuk membantu dan mendukung program yang dijalankan selama program itu tidak melenceng dari tujuan Organisasi.Jika Struktur Organisasi saja sudah tidak jelas maka jangan berharap Organisasi ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Jika memang Kepengurusan kurang atau tidak lengkap maka usahakan untuk melengkapi dulu Struktur kepengurusan ,dimana dalam hal ini diharapkan kesadaran dan kesediaan anggota untuk mau duduk di Struktur Pengurus jika memang dipilih ( sesuai mekanisme yang ada ) kecuali ada alasan yang kuat dan masuk akal hingga dia bisa menolaknya.
  2. Kurangnya Komunikasi antara Pengurus dan Anggota ( miskomunikasi ) : Ketika ada suatu masalah atau kendala di dalam kepengurusan untuk menjalakan program dan pengurus kurang cepat menginfokan hal ini kepada anggota, maka yang terjadi adalah prasangka negatif kepada pengurus sehingga bisa saja muncul mosi tidak percaya. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan terlebih dahulu  minta penjelasan dari Pengurus mengapa program tidak jalan, tanpa menimbulkan rasa takut dan kekawatiran dari pengurus untuk di hakimi .Keharmonisan hubungan antara Pengurus dan Anggota sangatlah penting.
Itulah dua hal penting yang menurut penulis bisa jadi penyebab kegagalan suatu organisasi, kita ibaratkan organisasi adalah suatu komputer maka tidak mungkin komputer itu bisa berfungsi dengan baik jika hanya ada hardisknya aja, atau hanya memori ram aja.Tetapi semua komponen dalam komputer harus ada dan menjadi satu kesatuan jika memnginginkan komputer itu bisa berfunsi dengan baik, kalau memang ada komponen yang kurang maka kita harus melengkapinya terlebih dahulu, dan kalau semua komponen sudah lengkap tetapi masih tidak berfungsi dengan baik maka perlu penggantian komponen-komponen yang mungkin telah rusak. Demikian pula dengan Organisasi ,tetapi dalam organisasi yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai ada kepentingan-kepentingan pribadi atau kelompok yang ikut campur didalamnya.

Terima Kasih


Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

Demi menjaga persatuan dan kesatuan , dilarang memberikan komentar yang mengandung unsur sara, pornografi dan hal-hal lain yang bisa menyebabkan permusuhan. Jika ada yang melanggar maka komentarnya akan dihapus oleh admin. Terima kasih.

Translate I Terjemahan

Donatur

 
Copyright © 2015 Website eRTe.04 . All Rights Reserved
Template RT.04 by Creating Website and eRTe.04