Headline News
Home » » Memanfaatkan Kubangan jadi Kolam Ikan

Memanfaatkan Kubangan jadi Kolam Ikan

Posted by Puspa Anggita
Website eRTe.04 , Updated at: 18:11:00

Posted by Puspa Anggita on Tuesday, 10 June 2014


1. Pembersihan, Perataan dan Pendalaman Kolam

Diawali dengan ngobrol-ngobrol santai  warga di Pos Ronda , tercetuslah ide untuk memanfaatkan kubangan yang terletak di wilayah RT.04 dan RT.7 menjadi kolam ikan ,yang selain  lebih bersih
, enak dipandang dan bermanfaat untuk hiburan sekaligus juga bisa mengurangi jentik-jentik nyamuk ,yang otomatis menjadikan jumlah nyamuk berkurang.

Dengan semangat gotong royong yang di " Leader " i oleh Bapak Taat ,Pimpro Bapak Ade Fadli ,Pengawas merangkap Pembina dan Penasehat Bapak Riyadi ( Ketua RT.04 ), Tenaga Alhi Engkong ,serta didukung oleh warga RT.04,RT.07 dan RT.03 mulailah ide itu direalisasikan.
Gambar dibawah adalah kolam atau kubangan sebelum dimanfaatkan.


Dimulai dengan pembersihan ,perataan dan pendalaman kolam, masing-masing warga yang terlibat melakukan kerjanya sesuai dengan keahlian yang dipunyai masing-masing,


kerja keras memang membuahkan hasil yang sepadan, kolam ( lebih tepatnya kubangan ) yang dulu terlihat jorok dan tidak berguna , sekarang sudah berubah menjadi bersih dan enak dipandang.



Yang sangat terasa sekali dengan pembersihan ini adalah berkurangnya jumlah nyamuk secara drastis.Jadi secara tidak langsung hal ini juga mencegah atau mengurangi penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

2. Penaburan Benih

Setelah kolam siap maka yang perlu dilakukan dan dipikirkan adalah benih ikan apa yang tepat untuk kolam ini.Setelah diadakan musyawarah maka diputuskan untuk menabur benih ikan mujaer, hal ini disepakati karena ini baru pertama kali dan ikan mujaer dianggap ikan yang tahan terhadap penyakit.




Setelah benih dibeli dan dipilih , mulai penaburannya dikolam yang dilakukan pertama oleh Team Leader Bapak Taat.



Alhamdulillah semua berjalan lancar dan sekarang tinggal menunggu masa panen.....

Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

Demi menjaga persatuan dan kesatuan , dilarang memberikan komentar yang mengandung unsur sara, pornografi dan hal-hal lain yang bisa menyebabkan permusuhan. Jika ada yang melanggar maka komentarnya akan dihapus oleh admin. Terima kasih.

Translate I Terjemahan

Donatur

 
Copyright © 2015 Website eRTe.04 . All Rights Reserved
Template RT.04 by Creating Website and eRTe.04