Headline News
Home » , » eRTe4 ku Asri eRTe4 ku Sehat

eRTe4 ku Asri eRTe4 ku Sehat

Posted by Puspa Anggita
Website eRTe.04 , Updated at: 08:57:00

Posted by Puspa Anggita on Sunday, 14 September 2014

eRTe.4 ku Asri eRTe.4 ku Sehat


eRTe.04 - Asri....bayangan positif yang selalu terlintas dibenak atau pikiran saya..(sapa yang mau berpendapat sama....boleh aja kok). Pada umumnya jika orang mendengar kata Asri..
.pasti akan menganalogykan dengan tumbuhnya pepohonan yang rindang dengan disertai lingkungan yang bersih dan tertata rapi....(pasti ini dambaan setiap orang).


Menjadikan lingkungan asri tidaklah gampang karena harus ada komitmen semua warga, sebab kalau hanya segelintir orang hasilnya tidaklah maksimal. Budaya bebersih (kebersihan sebagian dari iman ...yoi) dan bertanam perlu digalakkan untuk memacu terciptanya lingkungan yang asri.

Untuk seribu langkah, pasti dimulai dari langkah pertama. Begitu juga dengan menciptakan lingkungan hidup asri, sejuk dan sehat harus dimulai dari lingkungan yang paling kecil yakni lingkungan rumah tinggal. Setiap orang bisa melakukan untuk rumah tinggal masing-masing. Syaratnya hanya satu, ada kemauan untuk menciptakan lingkungan rumah asri dan sehat.

Bila setiap orang, setiap anggota keluarga telah berupaya menciptakan lingkungan asri, sejuk dan sehat pada setiap rumahnya maka dipastikan tercipta lingkungan asri, sejuk dan sehat. Lingkungan rumah asri dan sehat menguntungkan semua orang yang berada di lingkungan itu tanpa terkecuali. Keuntungannya sangat banyak dan tidak ternilai karena manusia yang berada pada lingkungan itu akan sehat dan sehat itu mahal harganya. Bayangkan jika kita sakit berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Lingkungan rumah asri tidak membutukan biaya besar dan lahan yang luas. Kunci utama menciptakan lingkungan rumah asri adalah penataan, penempatan dan kebersihan. Penataan disesuaikan dengan kondisi luas lahan perumahan, penempatan tanaman ditentukan oleh kondisi luas lahan perumahan dan kebersihan tergantung dari para anggota keluarga menjaga agar tetap bersih, terhindar dari sampah dan kotoran lainnya. Kebersihan lingkungan rumah ditentukan oleh saluran air pembuangan, saluran air hujan sehingga tidak ada air tergenang pada lingkungan rumah.


Sebesar apa pun, sebagus apa pun saluran air pembuangan bila air tersumbat, tidak mengalirkan membuat lingkungan rumah tidak bersih. Sebesar apa pun, sebagus apa pun tempat pembuangan sampah bila tidak dikelola dengan baik seperti sampah berserakan maka lingkungan rumah akan tetap kotor.

Saluran air pembuangan yang baik adalah apa bila air mengalir ketika hujan turun dan ketika membuang air limbah rumah tangga. Saluran pembuangan air yang tidak mengalir akan menjadi tempat nyamuk bersarang sekaligus berkembangbiak dan sampah berserakan membuat tikus, lalat, kecoa berkembangbiak. Binatang-binatang ini tidak suka pada lingkungan bersih sehingga ketika lingkungan bersih binatang-binatang ini tidak bisa berkembangbiak.

Tikus, Kecoa, Lalat menyebarkan berbagai penyakit seperti penyakit Tipus, Diare dan lainnya. Sedangkan Nyamuk bukan saja mengganggu ketika tidur, akan tetapi menyebabkan penyakit Malaria, Chikungunya dan penyakit Demam Berdarah yang sangat membahayakan.

Mari kita tumbuhkan budaya bersih dan bercocok tanam dengan katalisator pengurus eRTe4....







Ditulis Oleh :
Anas , VMB2

Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

Demi menjaga persatuan dan kesatuan , dilarang memberikan komentar yang mengandung unsur sara, pornografi dan hal-hal lain yang bisa menyebabkan permusuhan. Jika ada yang melanggar maka komentarnya akan dihapus oleh admin. Terima kasih.

Translate I Terjemahan

Donatur

 
Copyright © 2015 Website eRTe.04 . All Rights Reserved
Template RT.04 by Creating Website and eRTe.04