Headline News
Home » , » Anak RT 04 Belajar Menulis Bersama

Anak RT 04 Belajar Menulis Bersama

Posted by Puspa Anggita
Website eRTe.04 , Updated at: 07:37:00

Posted by Puspa Anggita on Wednesday, 17 February 2016

eRTe 4 ,rt.04, vila mutiara bogor 2, bojonggede

eRTe 4 -Minggu sore, 7 Februari 2016, remaja RT 04 berkumpul di rumah Sekretaris RT 04, Pak Martono. Di benak mereka mungkin banyak pertanyaan. Agenda apa lagi ini? Setelah sekian lama fakum kegiatan, mereka bisa berkumpul lagi di bawah pengawasan pengurus RT.

Remaja RT 04 adalah potensi emas yang tiada tara. Di tangan mereka hari depan RT 04 kita titipkan. Generasi tua bertanggung-jawab dalam proses regenerasi. Dan berangkat dari kesadaran inilah, pemikiran memberdayakan remaja RT 04 terus berproses.

Setelah sempat aktif dalam kegiatan olah raga, kepanitiaan HUT RT, musik, tari, dll, kini mereka diperkenalkan dengan kebiasaan menulis. Ini hal baru. Tapi, sebenarnya merupakan hal biasa di sekolah. Seharusnya. Namun, bisa kita tengok, jangan-jangan kebiasaan di sekolah tidak pernah sejalan dengan kegiatan di rumah. Alhasil, tidak nyambung. Kemampuan menulis ditanamkan di sekolah, tak pernah tumbuh karena tak bersambut di rumah. Benih itu pun layu tak pernah berkembang, bahkan tumbuh pun tidak.

Maka, di halaman rumah sekretaris RT 04, mereka berkumpul. Tema pertemuan adalah belajar menulis bersama. Tulisan mereka akan dimuat dalam website RT 04. Sederhana. Namun bila bisa dijalani dengan asyik, niscaya para remaja RT 04 akan terlatih menguntai kata yang kelak pasti dibutuhkan dalam dunia kerja.

"Menulis itu mudah", demikian mereka di hibur. Remaja sekitar 13 anak mencoba menyimak penjelasan dari mulut saya. "Kunci menulis cukup dua: pertama BERPIJAK PADA INDRA, kedua, BERIKAN MAKNA".

Menulis bisa dengan berbagai cara. Salah satunya adalah tulisan berbasis pengalaman atau empiris. Untuk anak usia SD dan SMP, cukup dengan pengalaman bisa melahirkan tulisan yang baik. Empiris berarti terbukti sesuai fakta. Empiris berarti bukanlah gosip atau sekedar mengumbar perasaan. Dengan menajamkan "apa yang didengar, dilihat, diraba, dikecap, dan dibau," anak bisa menuturkan banyak hal.

Dalam latihan sore itu, anak-anak diberikan contoh satah satu tulisan dalam website RT 04 berjudul "Sate Kucing Mungkin Perlu Dicoba". Dalam tulisan ini, sangat sederhana. Layaknya diary, cerita dirakit dari kisah nyata sehari-hari.

Setelah teori dan sedikit praktek, anak-anak diajak mencoba menulis pengalaman HUT RI 2015. Hasilnya bisa dilihat di website dalam "Ragam Kenangan HUT RI 2015". Ada yang mulai lancar bercerita, ada yang masih tertatih-tatih. Tidak masalah. Mereka harus mulai mencoba dan terbiasa.

Semoga kegiatan ini tidak membosankan bagi mereka. Konon akan dilanjutkan secara berkala, dan kelak di bulan April/Mei, akan diadakan lomba.

Dukungan orang tua sangat diharapkan bila ingin mendapatkan hasil yang optimal. Salam

Ditulis Oleh :
Taat Ujianto , RT 04

Share This Post :

2 komentar:

  1. Bulan April/Mei akan ada lomba apa n untuk usia berapa Om ? makasih.

    ReplyDelete
  2. kata Pak Dhe Martono selaku Sekretaris RT, "Telah ditunggu dan akan disengkuyung, yen arep ono lomba-lomba menulis".... begitu Saudari Anggita... jadi infonya ditunggu ya!

    ReplyDelete

Demi menjaga persatuan dan kesatuan , dilarang memberikan komentar yang mengandung unsur sara, pornografi dan hal-hal lain yang bisa menyebabkan permusuhan. Jika ada yang melanggar maka komentarnya akan dihapus oleh admin. Terima kasih.

Translate I Terjemahan

Donatur

 
Copyright © 2015 Website eRTe.04 . All Rights Reserved
Template RT.04 by Creating Website and eRTe.04