Headline News
Home » , , » Semangat Apakah Sekedar "Ngontrak" di Warga RT 4

Semangat Apakah Sekedar "Ngontrak" di Warga RT 4

Posted by Puspa Anggita
Website eRTe.04 , Updated at: 22:44:00

Posted by Puspa Anggita on Monday, 22 February 2016

rt.4, erte.04, rt.04, vmb 2
Semangat...semangat dan semangat

eRTe 4 -Kata semangat selalu terdengar dikala kita sedang membangun sesuatu, merebut sesuatu serta mempertahankan sesuatu. Di lingkungan RT khususnya RT4 saat ini sedang giat-giat membangun sesuatu, mulai dari membangun sarana dan prasarana sampai membangun silaturahmi antar warga untuk menjalin persatuan dan kesatuan.(koyo tagline TVRI ya...he3x)

Untuk mewujudkan itu semua diperlukan kehadiran inisiator inisiator handal yang didukung oleh segenap warga dgn semangat membara. Namun sudah menjadi hal yg wajar jika semangat itu biasanya muncul dan menggelora diawal awal saja..(pepatah jawa menyebutnya "anget -anget tai pitik"). Alangkah disayangkan jika semangat itu tidak konsisten "mati urip ngono", soalnya untuk mendapatkan momentum semangat itu tidaklah gampang.

Sebelum kita dapat mensiasati bagaimana agar semangat itu bisa tetap permanen dan tidak hanya sekedar ngontrak di warga RT 4 ada baiknya kita mengenal lebih dekat apa itu semangat..(semangat kuwi panganan opo to?....he3x)

Klu kita mau sedikit capek, sebenarnya banyak sekali referensi terkait dengan makna semangat. Biar nggak capek saya sampaikan saja ya apa apa saja yang terkait dengan makna semangat tersebut..enak tho... Semangat berhubungan dengan perasaan dan tindakan. Semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak.

Seseorang yang memiliki semangat bagus, sikap dan perilakunya biasanya terlihat dinamis. Kiro kiro udah paham kan sekarang...smoga saja ...yen ra paham yo dipaham pahamke. Terus fungsi semangat itu apa?

Semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak.

Agar semakin kaya wawasan kita, saya tambahkan juga bahwa semangat itu juga mempunyai sifat...sifat apakah itu?

Semangat Memiliki Sifat Spiritual Yang Angin-anginan.

Semangat itu sifatnya spiritual, adalah dimana batin tergerak untuk bertindak.

Semangat juga bersifat angin-anginan, dia terkadang ada dan tidak ada. semangat tidak hanya datang satu kali, bisa puluhan kali atau ratusan kali bahkan lebih. Semangat bisa datang dan pergi berulang kali tanpa bisa dihitung. Jika memang demikian, bagaimana mempertahankannya agar semangat itu bisa tinggal menetap tidak hanya sekedar ngontrak?

Yaitu dengan Menambah Semangat

Bagaimana caranya untuk menambah semangat ?

Semangat yang melemah bisa ditambah dengan beberapa hal dibawah ini, diantaranya adalah :

Merasa HARUS bertindak

Keinginan untuk melakukan sesuatu yang bermakna bagi diri sendiri, keluarga, kerabat dan orang banyak serta alam semesta

Perasaan bertanggung jawab
Merasa peduli terhadap sesama, dan lain-lain
Mempertahankan Semangat Yang Ada

Diperlukan tekad yang kuat untuk tetap semangat. Jika sekarang kita merasa sedang memiliki semangat, kita pula seharusnya mengingat-ingat satu kondisi dan situasi dimana semangat itu sedang pergi atau dengan kata lain ketika kita sedang tidak bersemangat, maksudnya adalah agar anda bisa merasakan apa saja perbedaannya, lalu mempertahankan eksistensinya atau bahkan untuk menambah kekuatan dari semangat itu.

Mempertahankan kehadiran semangat bisa dilakukan dengan memiliki terlebih dahulu tekad yang hebat untuk mempertahankan semangat itu sendiri, lalu meng-arah-kannya agar bisa menghasilkan hal-hal yang produktif dan membuat kita senang. Lah kok ngono ?

Iyo, Sebab jika semangat itu tidak menghasilkan sesuatu yang menyenangkan, nantinya cenderung biasa-biasa saja bagi kita dalam hal tekad mendapatkan sesuatu, yang seharusnya didukung oleh semangat yang tinggi.

Jadi setelah kita tau secara detail makna dari semangat yang selama itu kita tahunya hanya semangat itu ya semangat dan tidak lebih dari itu, maka ada baiknya kita manfaatkan rasa semangat itu untuk membangun RT 4 tercinta ini agar lebih maju dan jangan biarkan rasa semangat itu hanya numpang lewat atau sekedar ngontrak sebentar saja tanpa sempat memberikan warna yg indah di lingkungan RT4.



@n@5 VMB 2 blok c2/60



Ditulis Oleh :
@n@5 , VMB2 c2/60

Share This Post :

3 komentar:

  1. Aku yakin...semangat ga pernah pudar dihati temen2 kita, tapi karena kesibukan bela negaralah yang membuat kegiatan dilingkungan RT.04 seolah olah mati suri. Banyak Inisiator,Inspirator dan Motivator dilingkungan kita...misal Pak Taat n Mas Anas. Jadi janganlah bosan memotivasi temen-temen..terutama anak-anak kita. Semangat semangat dan tetap semangat.

    ReplyDelete
  2. AKu arep buka kontrakan ah.... ayo bayar mbek aku... ada puluhan kamar "semangat" nih: kerok selokan, babat alas, keruk kolam, beresin gudang, fogging maneh, nandur-nandur, olah raga, senam, dll Kalau kuran, kontrakannya siap ditambah.... ayo do kontrak.... lumayan sak bulan wae yo rapopo... per kamar cukup bayar 5 kali tengkyu

    ReplyDelete
  3. Keren....kontrakkannya menarik semua....

    ReplyDelete

Demi menjaga persatuan dan kesatuan , dilarang memberikan komentar yang mengandung unsur sara, pornografi dan hal-hal lain yang bisa menyebabkan permusuhan. Jika ada yang melanggar maka komentarnya akan dihapus oleh admin. Terima kasih.

Translate I Terjemahan

Donatur

 
Copyright © 2015 Website eRTe.04 . All Rights Reserved
Template RT.04 by Creating Website and eRTe.04