Headline News
Home » » Saweran Bagus Tapi Kurang Etis

Saweran Bagus Tapi Kurang Etis

Posted by Puspa Anggita
Website eRTe.04 , Updated at: 02:05:00

Posted by Puspa Anggita on Sunday, 6 March 2016

rt.04, vila mutiara bogor 2, bojonggede

RT.4 - Saweran berasal dari bahasa Sunda yaitu "sawer" yang artinya melempar uang biasanya dilakukan pada saat upacara kebesaran tradisional seperti, sunatan, kawinan dan sebagainya. Saweran Di dalam musik dangdut adalah aktivitas pemberian uang dari pendengar musik dangdut atau pengunjung dari pergelaran dangdut itu ke biduanita. Disini dapat dilihat mengapa saweran dalam musik dangdut cukup menarik? Karena kita tahu bahwa untuk jenis musik lain tidak ada istilah saweran apalagi uang tip yang kadang bisa melebihi bayaran dari biduanita itu sendiri dan Indonesia banyak group-group dangdut yang selalu mengandalkan saweran dalam setiap pertunjukan panggung grup-grup tersebut. Itulah sekilas pengertian dari saweran.

Saweran atau bantingan hampir (hampir doang bro...$#,,?"&??..) menjadi tradisi di erte4. Kebiasaan saweran paling sering terjadi di kegiatan rutin rapat bulanan erte. Dan ternyata kebiasaan dari saweran atau bantingan ini memberikan beberapa efek, baik efek positif maupun negatif. Efek positifnya sudah barang tentu uang cepet terkumpul dalam waktu singkat untuk memenuhi pembiayaan suatu kegiatan atau pengadaan. Namun ada juga efek negatifnya..kira - kira apa coba tebak?

Usut punya usut setelah di telisik...kegiatan saweran memberi efek lunturnya rasa kebersamaan dan mungkin juga dapat merenggangkan ikatan silaturahmi yang sudah terjalin dgn baik. Mengapa demikian, analisanya simple saja, dgn saweran langsung maupun tidak langsung akan memunculkan "kesan" individu yang superior dan juga inferior.

Mungkin yang dianggap superiorpun tidak ada niat untuk menjadikan dirinya superior dimata orang lain. Namun bagi yang merasa inferior ini akan berdampak pada tumbuhnya bibit untuk mengasingkan diri dari komunitas . Dengan menjauh dari komunitas sudah pasti akan menjauhkan dari silaturahmi dan kebersamaan.

Tapi Alhamdulillah warga erte 4 sudah mulai tergugah untuk tidak lagi menomorsatukan saweran dan lebih mengutamakan beban ditanggung bersama agar rasa memiliki siap warga terlahir kembali kepada kegiatan apapun yang ada lingkungan erte4 ..

Membangun kebersamaan yang sudah sedikit tercerai berai tidaklah gampang, meskipun tidak gampang kami yakin pasti bisa, apalagi salah satu penyebabnya sudah diketahui. Untuk menjaga agar kebiasaan saweran tidak menjadi hal yang utama diperlukan kearifan dan kepedulian para sesepuh dan warga yang dituakan untuk dapat mengendalikan dan mengarahkan ke upaya upaya yang lebih mengutamakan azas kebersamaan.



Yang lalu biarlah berlalu. Yang akan datang janganlah terulang

Yang malu janganlah malu. Yang mendatang sudilah datang



"BERSAMA KITA BISA"



Ditulis Oleh :
@n@5 ,RT.4 -  VMB2 C2/60 RT.4 

Share This Post :

1 komentar:

  1. Suatu Istilah atau kata memang kadang mempunyai arti dan makna yg berbeda tergantung dr sudut mana dan siapa yg menterjemahkannya. Seperti kata saweran atau bantingan...kalau untuk kebersamaan memang kata ini krg tepat seperti yg dijelaskan dalam tulisan diatas. Sadar akan hal itu, maka sebenarnya Erte.04 sudah akan meninggalkan kata saweran atau bantingan tapi mencoba untuk menggunakan istilah/kata Donatur/Donatur tetap. Kalo menurut saya, dgn cara ini maka kita mencoba untuk menggunggah dan menggerakan kesadaran dr dalam diri kita masing2 yg mungkin sedang ada sedikit rejeki lebih. Sbb tdk sedikit jg org yg pny niat baik tp tdk berani menyampaikan krn kawatir dibilang "SOK". Dan yg namanya Donatur jg tdk harus dr interen/dalam lingkup Erte.04 aja, bisa aja dr luar...silahkan teman2 kalo bs membawa donatur dr luar demi kemajuan erte.04 dipersilahkan...Kamsiah owh....

    ReplyDelete

Demi menjaga persatuan dan kesatuan , dilarang memberikan komentar yang mengandung unsur sara, pornografi dan hal-hal lain yang bisa menyebabkan permusuhan. Jika ada yang melanggar maka komentarnya akan dihapus oleh admin. Terima kasih.

Translate I Terjemahan

Donatur

 
Copyright © 2015 Website eRTe.04 . All Rights Reserved
Template RT.04 by Creating Website and eRTe.04