Headline News
Home » » Bukankah Seharusnya TNI Menyebut Polri sebagai Saudara Tua?

Bukankah Seharusnya TNI Menyebut Polri sebagai Saudara Tua?

Posted by Puspa Anggita
Website eRTe.04 , Updated at: 17:29:00

Posted by Puspa Anggita on Saturday, 28 July 2018


RT4 - Pada 1 Juli 2018 adalah Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Bhayangkara. HUT Bhayangkara rutin digelar sebagai peringatan hari pembentukan Kepolisian Nasional Republik Indonesia (Polri). Artinya, bukan sebagai hari lahir polisi. Kepolisian sendiri sudah ada sebelum Indonesia merdeka.
Peringatan Hari Polri tersebut didasarkan pada Penetapan Pemerintah Tahun 1946 No. 11/S.D. tentang Jawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada perdana menteri, yang dikeluarkan pada 1 Juli 1946. Perdana menteri saat itu adalah Sutan Sjahrir.
Selama masa pendudukan Belanda dan Jepang, kepolisian bersifat kedaerahan dan terpecah. Dengan penetapan ketentuan tersebut, kepolisian berhasil dihimpun menjadi satu secara nasional.
Polri mempunyai tugas utama untuk melayani dan mewujudkan keamanan serta ketertiban bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini tercermin dalam slogannya, yaitu Rastra Sewakottama (Bahasa Sansekerta) yang artinya “Pelayan Utama Bangsa”.


Sumber: Netralnews.com

Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

Demi menjaga persatuan dan kesatuan , dilarang memberikan komentar yang mengandung unsur sara, pornografi dan hal-hal lain yang bisa menyebabkan permusuhan. Jika ada yang melanggar maka komentarnya akan dihapus oleh admin. Terima kasih.

Translate I Terjemahan

Donatur

 
Copyright © 2015 Website eRTe.04 . All Rights Reserved
Template RT.04 by Creating Website and eRTe.04