Headline News
Home » » Kampung Arab di Banda, Terbentuk Lewat Mukjizat Hujan di Musim Kemarau

Kampung Arab di Banda, Terbentuk Lewat Mukjizat Hujan di Musim Kemarau

Posted by Puspa Anggita
Website eRTe.04 , Updated at: 17:23:00

Posted by Puspa Anggita on Saturday, 28 July 2018


RT4 - Budaya dan sistem kepercayaan akan mudah diterima masyarakat bila memiliki keunggulan atau kehebatan tertentu. Maka tak asing bila kita membaca tentang kisah-kisah para nabi dengan berbagai mukjizatnya.
Kisah serupa juga kita temukan dalam sejarah islamisasi di wilayah yang terkenal sebagai sumber rempah-rempah terkaya di dunia, yaitu Kepulauan Banda (kini masuk Provinsi Maluku). Sekitar abad ke-8, Islam diterima mayoritas masyarakat di Kepulauan Banda, tak lepas dari mukjizat tokoh bernama Syekh Abu Bakar Al Pasya.
Dalam cerita lisan yang dianut masyarakat Banda, Syekh Abu Bakar Al Pasya dipercaya mampu melakukan mukjizat, yaitu menurunkan hujan lebat di musim kemarau. Akibat mukjizat itu, ia memperoleh simpati. Maka, ajaran Islam yang ia sebarkan diterima oleh masyarakat lokal di Banda.


Sumber: Netralnews.com

Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

Demi menjaga persatuan dan kesatuan , dilarang memberikan komentar yang mengandung unsur sara, pornografi dan hal-hal lain yang bisa menyebabkan permusuhan. Jika ada yang melanggar maka komentarnya akan dihapus oleh admin. Terima kasih.

Translate I Terjemahan

Donatur

 
Copyright © 2015 Website eRTe.04 . All Rights Reserved
Template RT.04 by Creating Website and eRTe.04