Headline News
Home » » Ternyata Mayoritas Penduduk Kota Jakarta Perdana Bukan Pribumi

Ternyata Mayoritas Penduduk Kota Jakarta Perdana Bukan Pribumi

Posted by Puspa Anggita
Website eRTe.04 , Updated at: 19:56:00

Posted by Puspa Anggita on Sunday, 29 July 2018


RT4 - Istilah pribumi dan nonpribumi untuk menyebut masyarakat asli dan bukan asli di wilayah Nusantara sebenarnya sangat kontroversial. Mengapa demikian?
Semua orang di Indonesia, besar kemungkinan sudah mengalami percampuran darah dari berbagai etnis. Bahkan, ada sejumlah sejarawan yang mengklaim bahwa mayoritas penduduk nusantara sebenarnya adalah keturunan pendatang dari Yunan, Cina Selatan. Jadi, bukan asli Nusantara.
Namun, istilah pribumi sering digunakan sebagai alat politik. Hal ini sudah dimulai sejak Zaman Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) mencengkeram wilayah Nusantara. Politik pengotakkan umat manusia tersebut kemudian terus berlanjut di Zaman Hindia Belanda. Bisa jadi, malah hingga kini.
Tulisan ini bukan dimaksudkan untuk menyetujui konsep usang tersebut. Sebutan pribumi digunakan penulis dalam konteks untuk menunjukkan kelompok-kelompok etnis yang paling awal mendiami Kota Jakarta. Lebih tepatnya, pada masa Jakarta masih bernama Batavia.


Sumber: Netralnews.com

Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

Demi menjaga persatuan dan kesatuan , dilarang memberikan komentar yang mengandung unsur sara, pornografi dan hal-hal lain yang bisa menyebabkan permusuhan. Jika ada yang melanggar maka komentarnya akan dihapus oleh admin. Terima kasih.

Translate I Terjemahan

Donatur

 
Copyright © 2015 Website eRTe.04 . All Rights Reserved
Template RT.04 by Creating Website and eRTe.04