Headline News
Home » » Pengabdi Ratu Belanda yang Seragamnya Dibuat di Garoet

Pengabdi Ratu Belanda yang Seragamnya Dibuat di Garoet

Posted by Puspa Anggita
Website eRTe.04 , Updated at: 18:53:00

Posted by Puspa Anggita on Monday, 13 August 2018


RT4 - Koninklijke Nederlandsch Indische Leger (KNIL) merupakan kesatuan serdadu yang mengabdi kepada Ratu Belanda di Hindia Belanda. Anggota KNIL tidak hanya terdiri dari orang Eropa, tetapi juga berasal dari kaum Bumiputra.
Di masa sesudah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, sebagian kaum Bumiputra yang menjadi anggota KNIL menyatakan kesetiaan mereka kepada proklamasi. Mereka di antaranya adalah Oerip Soemohardjo, AH Nasution, Gatot Soebroto, dan TB Simatupang.
Salah satu ciri khas KNIL dapat dilihat dari seragam yang mereka kenakan. Saat mereka masih berjaya menjadi pasukan di Hindia Belanda, seragam yang dikenakan ternyata diproduksi di sebuah pabrik tenun di Kota Garoet (sekarang masuk wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Bagaimanakah sebenarnya kiprah KNIL selama dibentuk hingga dibubarkan? Bagaimana pula sejarah pabrik seragam KNIL di Garoet?


Sumber: Netralnews.com

Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

Demi menjaga persatuan dan kesatuan , dilarang memberikan komentar yang mengandung unsur sara, pornografi dan hal-hal lain yang bisa menyebabkan permusuhan. Jika ada yang melanggar maka komentarnya akan dihapus oleh admin. Terima kasih.

Translate I Terjemahan

Donatur

 
Copyright © 2015 Website eRTe.04 . All Rights Reserved
Template RT.04 by Creating Website and eRTe.04