Headline News
Home » » Tuan Tanah yang Dipenggal Tentara Jepang Menghantui Warga Sorong

Tuan Tanah yang Dipenggal Tentara Jepang Menghantui Warga Sorong

Posted by Puspa Anggita
Website eRTe.04 , Updated at: 17:42:00

Posted by Puspa Anggita on Monday, 13 August 2018


RT4 - Kisah ini ditulis berdasarkan pada kejadian nyata pada 1962. Sumbernya adalah catatan sejarah yang ditulis oleh Frits Veldkampdengan judul “Eksperimen Demokrasi di Ujung Hari” (dibukukan oleh Pim Schoorl dengan judul "Belanda di Irian Jaya, Amtenar di Masa Penuh Gejolak 1945-1962").
Walaupun proklamasi kemerdekaan Indonesia berkumandang sejak 1945, namun hingga 1962 wilayah Papua masih di bawah kekuasaan Kerajaan Belanda. Selama itu, sejumlah orang Belanda dikirim ke Papua untuk merintis pemerintahan dengan melibatkan warga setempat.
Salah satu kepala pemerintahan atau Kontrolir Belanda itu adalah Frits Veldkamp. Ia sebenarnya termasuk tokoh penting yang turut berjasa dalam pembangunan pos pemerintahan Belanda pertama di Wamena, sekitar 1956.
Sepanjang Frits Veldkamp membabat hutan Papua hingga 1962, beragam pengalaman pernah ia alami. Ia menyaksikan kondisi Papua saat belum terjamah peradaban. Ia menyaksikan bagaimana budaya asli penduduk Papua. Ia juga pernah mengalami pengalaman misterius.

Sumber: Netralnews.com

Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

Demi menjaga persatuan dan kesatuan , dilarang memberikan komentar yang mengandung unsur sara, pornografi dan hal-hal lain yang bisa menyebabkan permusuhan. Jika ada yang melanggar maka komentarnya akan dihapus oleh admin. Terima kasih.

Translate I Terjemahan

Donatur

 
Copyright © 2015 Website eRTe.04 . All Rights Reserved
Template RT.04 by Creating Website and eRTe.04